" BURHAN-ONNIE, BERSIH, TEGAS, CERDAS & SANTUN "

Sebuah Ajakan untuk Masyarakat Purwakarta Oleh H Onnie S Sandi SE


 MEMULAI INISIATIF , INISIATIF MEMULAI

Apa artinya karakter tanpa inisiatif ????

Kemakmuran, kemampuan dan keterjaminan ekonomi, kesamaan peluang dalam hak dan kewajiban, keterbukaan dan pelibatan, bagaimanapun bukan merupakan sebuah karakter, tetapi sebuah kondisi capaian yang hanya dapat ditempuh dengan mau melakukan insiatif.
Sebagai sebuah system kuantitatif dalam mana modal dan massa menjadi kunci utama, demokrasi diakui cenderung meminggirkan dimensi kualitas sehingga kerap menjadi lahan para avonturic, oportunis dan spekulan politik, walhasil…… derap otonomi daerah tersendat.
Paradigma pengembalian modal, politisasi birokrasi, pensiasatan pembangunan hanya pada bagian yang kelihatan demi pencitraan politik belaka, menandakan pemerintah daerah yang tidak berkaidah manajemen, acak-acakan,  semau-maunya, haus income dan abaikan outcome, inilah nyatanya karakter diluar feodalisme dan sikap korup yang memang laten dan maka itu tengah diupayakan diberantas pemimpin bangsa ini.
Maka, haruslah ada yang mengambil inisiatif. Akan menjadi ironi jika kita semua memelihara apatis. Perubahan tidaklah ada hanya dengan diam. Mari memulai, menancapkan kesadaran dan bersama-sama bertindak untuk daerah, hakiki kebebasan bangsa dalam konteks desentralisasi tersusun melalui optimalisasi dari bawah, dari daerah, terlebih bagi putera daerah yang lahir dan hidup besar didalamnya, berdiam diri, terlena oleh suap kecil dan tak peduli pada daerahnya sendiri, tentunya amat memalukan.

2 komentar: